oleh

TP PKK Solok Timba Ilmu di Jateng agar Jadi Juara Tingkat Nasional

SEMARANG – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo menerima kunjungan TP PKK Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (7/12/2021). Dipimpin Ketua PKK Solok Emiko Epyardi Asda, rombongan tersebut bermaksud belajar dan meniru PKK Jateng, yang selalu menyabet juara tingkat nasional.

Rombongan TP PKK Kabupaten Solok diterima Atikoh di kompleks Wisma Perdamaian, Kota Semarang. Tak lupa, kudapan khas Kota Atlas menambah keakraban temu studi tersebut.

Atikoh menyebut, dengan penduduk mencapai 36 juta jiwa, jumlah anggota PKK RW mencapai 52.836 orang dan PKK RT sebanyak 208.110 orang.

Baca Juga  Pj Gubernur Suganda Imbau Pengusaha Muda untuk Tidak Takut Berinvestasi

“Sedangkan Dasawismanya lebih dari setengah juta. Ini merupakan peluang sekaligus tantangan. Peluangnya karena banyak kader, tantangannya adalah pembinaan,” ujarnya, dilansir jatengprov.go.id.

Ditambahkan, tantangan pembinaan memang dihadapi oleh TP PKK Jateng, terlebih selama pandemi Covid-19, di mana pertemuan offline mesti ditunda. Namun, hal itu diatasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Atikoh pun mengaku aktif dalam penyuluhan berbasis media sosial. Ia kerap kali melakukan siaran Instagram, yang diikuti tidak hanya kader tapi juga warganet.

Selama pandemi, imbuhnya, PKK tidak diam diri. Kader PKK aktif ikut serta dalam penanggulangan melalui Satgas Jogo Tonggo.

Baca Juga  Walau Pengalaman Baru, Maya Suganda Pasaribu Dapat Dukungan Melati Erzaldi

“Jogo tonggo kita terlibat karena kepanjangan tangan kita sampai Dasa Wisma. Misalnya, dulu ketika logistik alami hambatan, akhirnya tetangga tolong tetangga. Ada yang berada di zona merah, mobilitas masyarakat berkurang, jadinya nyentelin sayur  atau makanan jadi. Adapula gerakan beli di warung tetangga,” paparnya.

Keaktifan PKK Jateng, kata Atikoh, diganjar berbagai penghargaan. Di antaranya, penghargaan Pakarti Utama tiga tahun berturut-turut, Lomba Pengasuhan Anak Remaja, Lomba Hatinya PKK, Lomba UP2K PKK.

“Lomba Posyandu PKK KB Kesehatan selama tiga tahun berturut-turut, sehingga kami dapatkan piala tetap,” urainya.

Baca Juga  586 Pasien COVID-19 di Belitung Timur Sudah Sembuh

Ketua TP PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda mengatakan, kedatangannya untuk mempelajari resep PKK Jateng meraih banyak prestasi.

“Kami ke sini untuk menggali informasi dalam pelaksanaan 10 Program Kerja PKK, karena informasinya PKK Jateng selalu meraih informasi nominasi pada acara yang diadakan oleh PKK pusat,” ungkapnya.

Selanjutnya, TP PKK Solok akan melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Klaten dan Desa Jonggrangan. Tujuannya, untuk menimba ilmu administrasi organisasi. Karena, kepengurusan PKK Solok baru terbentuk pada April 2021 bersamaan dengan dilantiknya bupati daerah tersebut.  (*/cr1)

News Feed